Investasi Emas, Tips yang Cocok Untuk Pemula

Investasi Emas, Tips yang Cocok Untuk Pemula

Investasi Emas

Tentunya Anda tidak asing dengan emas, bukan? Ya, emas merupakan barang berharga yang paling terkenal di dunia. Penggunaan emas sejak dahulu telah memainkan banyak peran di dunia perdagangan mulai dari mata uang, hingga perhiasan dengan nilai tinggi. Investor juga beralih ke investasi emas yang dinilai lebih aman saat ini dengan adanya perang antara negara Rusia-Ukraina.

Dengan lonjakan inflasi dan perdagangan pasar saham yang jauh di bawah level tertingginya, banyak investor yang beralih ke aset dengan track record yang memang terbukti aman, yaitu emas. Mereka menganggap emas sebagai penyimpan nilai, meskipun itu adalah aset yang tidak menghasilkan cash flow.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda dapatkan untuk memulai investasi emas dengan mudah dan cocok untuk pemula.

4 Tips Investasi Emas Untuk Pemula

Buatlah Tujuan Investasi

Tujuan investasi menentukan strategi mengelola keuangan yang akan Anda pilih untuk mencapainya. Jenis investasi emas ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan investasi jangka menengah dan jangka panjang, seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan dan dana darurat. Hal ini karena emas dapat melindungi nilai uang dari risiko inflasi dan dapat dengan mudah dibeli dan dijual kembali.

Belilah Emas Berbentuk Fisik

Cara paling umum untuk berinvestasi dalam emas fisik adalah dengan membeli emas dalam bentuk batangan. Emas batangan adalah emas yang cocok untuk investasi, sama halnya dengan emas dalam bentuk koin. Berbeda dengan emas dalam bentuk perhiasan yang memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan dengan emas batangan.

Hal ini dikarenakan, pembuatan emas perhiasan terbilang cukup rumit sehingga Anda akan dikenakan biaya tambahan dan biaya tersebut tidak akan dihitung ketika Anda menjualnya. Selain itu, kadar emas pada emas batangan jauh lebih tinggi, sehingga nilai jualnya akan mengikuti dengan kadar emas tersebut.

Belilah di Tempat yang Terpercaya

Selalu pastikan Anda membeli emas hanya dari penjual yang memiliki reputasi baik. Di Indonesia ada beberapa produsen emas atau logam mulia seperti PT Aneka Tambang, Tbk. (ANTAM). Pembelian emas dapat dilakukan di toko-toko terpercaya, seperti ANTAM, Pegadaian, Bank Syariah dan website logam mulia.

Pilihlah Emas yang Sesuai

Saat ini, pembelian emas sudah bisa dilakukan secara digital ataupun fisik dengan nominal yang kecil, loh! Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat perencanaan keuangan dan mengalokasikannya sesuai dengan kemampuan Anda. Dengan adanya MiniGold dan penjualan emas melalui platform digital, kini Anda bisa investasi mulai dari 10 ribu rupiah saja.

Nah itu tadi empat tips dan trik yang dapat Anda ikuti untuk memulai investasi emas dengan mudah dan aman untuk pemula. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!